bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

Rabu, 25 Maret 2015

Merencanakan Pulang Kampung

Akhir tahun kemarin, saya pulang kampung ke Laweyan. Sebenarnya ini tidak direncanakan, sekalipun diinginkan. Maksudnya, tadinya cuma timbul sekedar keinginan pulang kampung, tetapi karena sedang ada banyak keperluan, jadinya tidak merencanakan pulang kampung betulan.

Namun akhirnya, banyak keperluan yang bisa diselesaikan pada akhir tahun itu. Karena kebetulan jatah cuti masih banyak dan keluarga juga sudah pada libur, akhirnya timbul keinginan kuat untuk pelang kampung. Jadilah perencanaan mendadak untuk melakukan perjalanan ke Laweyan. Sebenarnya ini perjalanan sulit. Bukan karena sulitnya jalan, tetapi karena sulitnya mendapat tiket kereta api!

Oh ya, biasanya saya pulang ke kampung Laweyan menggunakan kereta api. Tetapi ternyata pada waktu itu, sekian banyak orang juga libur dan sudah memesan tiket jauh-jauh hari. Memang, pemesanan tiket kereta api sekarang jauh lebih mudah daripada dahulu, sehingga pada satu sisi semua orang bisa dengan mudah mendapatkan tiket jauh-jauh hari, sekalipun pada sisi yang lain membuat orang kesulitan mendapat tiket jika tidak segera memesan tiket. Akibatnya seperti pada saya ini: tidak bisa menggunakan moda transportasi yang biasa saya pakai ini dan terpaksa menggunakan bus.

Menggunakan bus tentu berbeda dengan kereta api. Selain agak "mengerikan" jika melihat bagaimana aksi si sopir dalam mengemudi (makanya lebih baik merem kalau naik bus), biayanya juga bisa jadi lebih mahal. Tapi tentu tidak terlalu jadi masalah, kalau memang niat pulang kampungnya untuk silaturahmi. Mudah-mudahan jadi barokah, termasuk semua kesulitan (biaya dsb) mudah-mudahan bisa jadi amal shalih.

Namun dari itu semua, akhirnya dapat pelajaran begini:
Kalau dulu bisa pergi-pergi begitu saja tanpa rencana, sekarang sudah tidak bisa lagi. Segala sesuatu harus direncanakan, termasuk PULANG KAMPUNG!!

Tidak ada komentar: